Jatim Times Network Logo
×

This is a floating div.

Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Tumpahan Minyak Pertamina di Pemukiman Jenu Tuban, Akan Menghambat Stok BBM?

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Jun - 2024, 12:10

Placeholder
Foto udara seperti uap gas menyelimuti kawasan lahan dan pemukiman warga di area TBBM Pertamina Jenu Tuban (10/06/2024) (Foto: Ahmad Istihar/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Tumpahan Minyak atau Oil Spill yang mencemari lingkungan kawasan bibir pantai termasuk pemukiman di area Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT Pertamina Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, tak berpengaruh pada stok penyaluran BBM di Kabupaten Tuban.

Hal ini dikatakan Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi yang mengklaim bahwa Pertamina Fuel Terminal Tuban telah bergerak cepat menangani oil spill yang terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari untuk produk Pertamax.

Baca Juga : Fakta Baru Polwan Bakar Suami di Mojokerto: Kronologi hingga Motif

"Fuel Terminal Tuban memiliki sistem auto protection yang sudah berhasil melokalisir Oil Spill di dalam area FT Tuban," tulis Ahad Readi dalam keterangan resminya, Senin (10/06/2024).

Lanjutnya, dalam penanganan dan penanggulangan Oil Spill tersebut dilakukan dengan mengerahkan vaccum truck dan oil absorbant. Sedangkan antisipasi gas atau paparan uap BBM, beberapa warga sekitar terminal telah dievakuasi untuk mengamankan diri.

"Meskipun jarak cukup jauh dan berbatasan dengan sawah. Kita evaluasi serta antisipasi," imbuhnya 

Di dalam keterangan yang diterima JatimTIMES, pihak Pertamina Patra Niaga masih mendalami penyebab dan jumlah masih proses identifikasi. Pasalnya, tim berfokus pada penanganan di lokasi.

Di sisi lain, Ahad Rahedi menandaskan atas insiden Oil spill di FT Tuban, untuk stok penyaluran BBM ke SPBU di Tuban tetap aman.

Baca Juga : Pipa Pertamina Bocor, Ratusan Warga Mengungsi di Jenu Tuban

"Dari kejadian ini Stok dipastikan aman dan tidak terdapat gangguan penyaluran BBM ke SPBU di Tuban," tutupnya.

Diketahui, ratusan warga di Kecamatan Jenu Tuban mengungsi di lapangan dan sepanjang jalan Purworejo -Tasikharjo. Akibat adanya kebocoran tangki di TBBM (Fuel Terminal) Tuban. Kebocoran minyak masuk ke lahan tanaman serta pemukiman desa. Selain itu, pada pagi udara di Jenu berkabut pekat seperti uap gas menyelimuti Desa Tasikharjo.(*)


Topik

Peristiwa Oil Spill kebocoran minyak Terminal Bahan Bakar Minyak TBBM PT Pertamina Pertamina Jenu Kabupaten Tuban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Surabaya Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni