Jatim Times Network Logo
01/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Kuasai Logistik dan Distribusi, Startup Asal Malang Unjuk Gigi Pada Kompetisi Ide Bisnis

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

10 - Dec - 2022, 05:47

Direktur Kampus Binus Malang Dr. Robertus Tang Herman, SE, MM saat memberikan hadiah kepada salah satu pemenang (foto: istimewa)
Direktur Kampus Binus Malang Dr. Robertus Tang Herman, SE, MM saat memberikan hadiah kepada salah satu pemenang (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Startup asal Malang, Kargoin berhasil menjadi juara ketiga dalam ajang “The East Hub Business Plan Competition". Kegiatan tersebut merupakan program kompetisi ide bisnis yang diikuti entrepreneur muda di Jawa Timur dan Indonesia Timur.

Kargoin merupakan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang logistik dan distribusi. Membantu brand lokal dalam proses logistik dan pergudangan melalui teknologi dengan prinsip berkelanjutan.

Baca Juga : Shin Tae-yong Dikritik Terkait TC Timnas Indonesia, Pelatih Arema FC Justru Dukung

Sementara, juara kedua adalah startup asal Probolinggo, yaitu Maggree, yang merupakan perusahaan rintisan biokonversi dengan mengubah sampah organik menjadi protein yang berkelanjutan untuk pakan ternak.

Para pendiri Maggreen dan Kargoin merupakan mahasiswa program studi Entrepreneurship Business Creation dari Binus @ Malang. Program ini dirancang untuk mendidik mahasiswa dalam mempelajari hal-hal yang diperlukan, seperti pengetahuan dan keterampilan, serta jejaring, untuk mengembangkan bisnisnya sendiri.

Sementara, Perusahaan rintisan asal Sulawesi Selatan, Econella berhasil juara pertama The East Hub Business Plan Competition.

Startup ini bergerak di bidang bioenergi dan menghasilkan produk bioaditif yang teruji untuk efisiensi BBM dan dekarbonisasi emisi melalui penerapan ekonomi sirkuler yang sedang diminati banyak pihak.

Saat ini, satu botol produk Econella yang berisi 10 ml dapat menghemat 20 persen penggunaan bahan bakar. Produk ini memberikan nilai tambah dengan memanfaatkan bahan hasil pertanian reject dan limbah pertanian sebagai bahan bakunya.

Perusahaan yang dirintis oleh Fitrawan Mufly Haskari ini, memiliki cita-cita untuk bisa menguasai pasar di Indonesia Timur di masa yang akan datang.

Saat ini Econella hanya dapat memproduksi 50 buah per hari untuk memenuhi kebutuhan satu desa di Sulawesi Selatan. Menurut keterangan Fitrawan, saat ini permintaan tengah meningkat.

Namun, sayangnya Econella masih terkendala untuk bisa memenuhi semua kebutuhan pasar tersebut. Dengan mendapatkan hadiah utama sebesar Rp 25 juta dari kompetisi The East Hub Business Plan Competition yang diselenggarakan melalui kolaborasi Binus @ Malang dan Ngalup.co, Fitrawan berharap dapat meningkatkan kapasitas produksinya.

Dalam sambutannya saat penyerahan hadiah, Direktur Kampus Binus Malang Robertus Tang Herman memberikan ucapan selamat. Karena keduanya mampu memberikan dampak positif bagi masing-masing daerahnya.

Baca Juga : Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Beri Penguatan Pendampingan Siswa dan Stakeholder ABK

“Saya memberikan ucapan selamat kepada para pemenang. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat untuk membantu pengembangan daerah dan melahirkan inovasi baru. Program ini ditujukan bagi entrepreneur muda yang akan menjadi tonggak pembangunan ekosistem entrepreneur di wilayah Jawa Timur dan Indonesia Timur,” ujar Robertus.

Robertus Tang Herman merupakan putera asli dari Nusa Tenggara Timur yang bertugas di kampus Binus Malang dan memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk kesuksesan wirausaha di wilayah timur Indonesia.

“Sesuai dengan misi kami, yakni berkolaborasi dengan akademisi, bisa memberikan manfaat besar bagi pelaku usaha, khususnya di Indonesia Timur," tambah CEO Ngalup.co Andina Paramitha.

Hal ini, juga diharapkan mampu mengembangkan berbagai potensi dan menggerakkan ekosistem lain di kawasan tersebut agar lebih berkembang dengan memberikan pembelajaran, pengalaman serta network untuk membangun bisnisnya.

Harapannya, dengan program seperti ini, BINUS @Malang dan Ngalup.co dapat terus secara konsisten mendukung dan berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan sumber daya dan keterampilan yang mumpuni untuk mendirikan usaha dan bisnis di Jawa Timur dan di Indonesia Timur.

Sebagai informasi, The East Hub Business Plan Competition diselenggarkan oleh Binus @ Malang yang berkolaborasi dengan Ngalup Collaborative Network (Ngalup.co), yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 29 November 2022 secara online. Kompetisi ini diikuti puluhan peserta dari kawasan Indonesia Timur, dengan total hadiah 90 juta rupiah.

Selama kompetisi berlangsung, telah terpilih 10 finalis start-up yang berasal dari 7 provinsi di Jawa Timur dan Indonesia Timur. Sebelum berkompetisi, peserta “The East Hub Business Plan Competition” mendapatkan pendampingan dan sejumlah webinar dari mentor yang telah sukses dan berasal dari Indonesia Timur, antara lain Kitong Bisa dari Papua, untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dalam mengembangkan model bisnis yang mumpuni.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri