Viral Kades Perempuan di Tulungagung Ini Rela Mandikan ODGJ Terlantar Tanpa Identitas, Kondisinya Miris | Surabaya TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Viral Kades Perempuan di Tulungagung Ini Rela Mandikan ODGJ Terlantar Tanpa Identitas, Kondisinya Miris

Sep 22, 2022 19:14
Kepala Desa Ernawati dan perangkatnya rela memandikan ODGJ Terlantar di Kaki Gunung Cemenung. (Foto: Istimewa / Tulungagung Times)
Kepala Desa Ernawati dan perangkatnya rela memandikan ODGJ Terlantar di Kaki Gunung Cemenung. (Foto: Istimewa / Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Video viral yang tersebar di media sosial, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dimandikan oleh perangkat dan Kepala Desa Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung patut diacungi jempol. 

Pasalnya, dalam video itu, Kepala Desa Sukorejo Wetan, Ernawati bersama seorang perangkatnya tampak memandikan ODGJ yang awalnya sedang tertidur di pelataran kaki Gunung Cemenung.

Baca Juga : Kunjungi Desa Senggreng, Ombudsman RI Tinjau Pelayanan Pecel Tempe Mendoan

Saat dikonfirmasi, Ernawati membenarkan jika yang ada di video itu memang dirinya bersama perangkat desanya yang bernama Mahfud, Kasun setempat.

"Itu kejadian kemarin, saat sebelum kirab budaya," kata Ernawati, Jumat (22/9/2022).

Kirab Budaya Gunung Cemenung dilaksanakan pada Kamis (21/2/9/2022) pukul 13.00 WiB hingga selesai.

"Ada ODGJ tanpa identitas, kami sudah menghubungi Dinsos. Katanya kalau masih sakit harus dibawa mobil TEMS (Tulungagung Emergency Medical Services) dulu," ujarnya.

Karena masih sakit dan lemas,  selaku Kepala Desa langsung membawa air dari rumahnya dengan mobil pikap guna membersihkan ODGJ yang tidak dikenali identitasnya ini.

"Kita inisiatif untuk memandikan biar bersih dan tidak bau," ungkapnya.

Baca Juga : Wakil TP-PKK Sampang Hadiri Pelaksanaan Evaluasi Pokjanal Posyandu di Desa Rabasan

Setelah dibuka sebagian bajunya, Ernawati bersama Mahfud tanpa rasa jijik langsung memandikan ODGJ ini hingga bersih.

"Setelah kita mandikan, kita koordinasi dengan Dinsos. Hingga hari ini belum dibawa, tapi sudah diberi obat," jelasnya.

Video ini diapresiasi berbagai kalangan termasuk pengguna medsos. Mereka memuji sikap kepala desa bersama perangkatnya yang memandikan sendiri ODGJ yang terlantar ini.

"Kemarin itu sama warga kami juga diberikan makan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
berita tulungagung JATIMTIMES

Berita Lainnya