Festival Kresnayana VII Dibuka dengan Seminar Kepemimpinan, Bedah Tokoh-Tokoh Besar Asal Blitar  | Surabaya TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Festival Kresnayana VII Dibuka dengan Seminar Kepemimpinan, Bedah Tokoh-Tokoh Besar Asal Blitar 

Jun 02, 2022 19:01
Sekda Kabupaten Blitar Izum Marom membuka rangkaian Festival Kresnayana VII.
Sekda Kabupaten Blitar Izum Marom membuka rangkaian Festival Kresnayana VII.

JATIMTIMES  - Sekretaris  Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Izul Marom membuka rangkaian acara Festival Kresnayana VII yang digelar di Amphitheater Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, pada Kamis (2/6/2022).

Rangkaian acara Festival Kresnayana VII dibuka dengan kegiatan seminar kepemimpinan dan pameran seni rupa, pameran UMKM produk-produk kreatif hingga layanan perizinan usaha, kependudukan dan perbankan.

Baca Juga : Andalkan 10 Cabor Unggulan, Lumajang Bidik Medali Porprov Jatim VII

 

Dalam Kesempatan tersebut, Izum Marom mengatakan, rangkaian acara Festival Kresnayana VII ini diawali dengan seminar kepemimpinan yang membedah sepak terjang tokoh-tokoh besar dari Blitar. Seperti diketahui, peradaban Blitar sudah dibangun oleh tiga kerajaan besar pada saat itu, yakni Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit. 

Dalam perkembangannya, banyak tokoh dari Blitar yang melahirkan tokoh-tokoh besar yang mendunia. "Kita ketahui Blitar banyak melahirkan tokoh-tokoh besar ataupun orang-orang berpengaruh. Kali ini kita membedah beberapa tokoh yang kita sebut 4S, yakni ada Sukarno, Supriyadi, Sukarni, dan Sucipto yang tentunya 4S ini memiliki andil besar atas berdirinya negara ini," kata Izul Marom.

Sekda menyampaikan, selain sarana belajar bagi semua untuk lebih memahami Blitar sebagai land of kings atau tanah para raja-raja besar/tokoh-tokoh besar Nusantara, seminar kepemimpinan ini juga sebagai upaya atau strategi  dalam mengomunikasikan, menyampaikan, memberi inspirasi dan motivasi kepada generasi muda saat ini bahwa di tanah Blitar banyak inspirasi tentang kepemimpinan yang patut diteladani. 

"Diharapkan melalui kegiatan ini semua dapat belajar kepemimpinan tokoh-tokoh besar tersebut sehingga nantinya akan lahir pemimpin-pemimpin baru dari Blitar," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melaui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar kembali menggelar rangkaian acara Festival Kresnayana VII pada 2-4 Juni 2022 di Amphiteater Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Baca Juga : PWI Jember Miliki Ketua Baru, Bupati: Pemkab Siap Memberikan Support

 

Dengan mengangkat judul “Kresnayana Kawedhar” (The Story of Kresna), Festival Kresnayana kali ini akan dikemas lebih meriah dengan dibuka untuk umum dan disiarkan langsung melalui channel YouTube Pemkab Blitar pada besok Sabtu (4/6/2022) malam mulai pukul 19.00 WIB.

Festival Kresnayana VII kali ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara. Di antaranya kegiatan seminar kepemimpinan, fashion show Cakra Palah, Graduation Night Blitar Youth Festival, pagelaran sendratari Kresnayana, pameran UMKM produk-produk kreatif hingga layanan perizinan usaha, kependudukan dan perbankan.

Festival Kresnayana merupakan sebuah pagelaran sendratari yang mengangkat ketokohan Sri Kresna sebagai pembawa pesan kedamaian dunia. Kisah Kresnayana tersebut diangkat dari sebuah relief yang ada di Candi Penataran, Kecamatan Nglegok. (Adv/Kmf)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
festival kresnayana festival kresnayana blitar

Berita Lainnya