Kalah 3-0 dari Vietnam, Shin Tae-yong Keluhkan Wasit | Surabaya TIMES

Kalah 3-0 dari Vietnam, Shin Tae-yong Keluhkan Wasit

May 07, 2022 19:49
Ricky Kambuaya saat berebut bola dengan pemain Vietnam (foto; istimewa)
Ricky Kambuaya saat berebut bola dengan pemain Vietnam (foto; istimewa)

JATIMTIMES - Timnas Indonesia U-23 gagal meraih kemenangan di laga perdana Sea Games 2021 melawan Vietnam. Shin Tae-yong keluhkan kepemimpinan wasit.

Pertandingan yang digelar di di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam tersebut di babak pertama Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dalam match day perdana Grup A sepak bola putra SEA Games 2022. Skor kacamata bertahan hingga jeda.

Baca Juga : Keluhkan Sakit Perut, Anak Punk Tewas di Rumah Kosong

Pertandingan berlangsung ketat sejak kick-off. Kedua tim sama-sama menerapkan pressing tinggi di mana Vietnam lebih dominan menguasai bola. Walau, Squad Garuda Muda harus mengakui kekalahan dengan skor 0-3.

Ketiga Gol Vietnam U-23 dicetak oleh Nguyen Tien Linh (53’), Dung Do Hung (73’), dan Do Le Van (87’). Gol tuan rumah tersebut terjadi setelah turun minum babak pertama, terlebih disaat itu pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong melakukan rotasi dengan memasukkan Syahrian Abimanyu untuk menggantikan Rachmat Irianto.

Setelah pertukaran terjadi, Vietnam justru mampu memecah kebuntuan melalui tendangan penyerang senior Nguyen Tien Linh pada menit ke-54 di depan gawang Muhammad Adi Satryo.

Usai ketinggalan 0-1, Shin Tae-yong berusaha merubah skema pertandingan Timnas Indonesia dengan mengganti lebih banyak pemain, seperti Ronaldo Kwateh, Alfeandra Dewangga dan Witan Sulaeman.

Akan tetapi, upaya tersebut bukannya mampu membuat gol, malah Indonesia kembali tertinggal, kali ini berkat gol kapten Vietnam Do Hung Dung di menit ke-74 yang berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari Tien Linh.

Selanjutnya, di menit ke-87, squad Vietnam kembali membobol yang ke-tiga kalinya memalui sepakan pemainnya  Le Van Do dari luar kotak penalti salah diantisipasi oleh Fachruddin Aryanto yang membuat kiper Adi Satryo tak mampu menahan bola.

Dengan kekalahan tersebut, Timnas Indonesia U-23 untuk sementara berada di peringkat ketiga Grup A, sedangkan Vietnam masih berada di posisi kedua karena kalah selisih gol dari Filipina yang pada laga sebelumnya menundukkan Timor Leste 4-0.

Baca Juga : Ngaku Kerap Dicurangi di Dunia Politik, Ahok Sebut Orang yang Zalim Kepadanya Ada yang Stroke hingga Meninggal

Dalam hal ini, Shin Tae-yong mengeluhkan kepemimpinan wasit yang dianggap menguntungkan tim tuan rumah.

“Namun perlu diingat juga bahwa Vietnam membuat tiga offside yang jelas, namun diabaikan wasit. Ini membuat Indonesia kehilangan kesempatan untuk mencetak gol,” ujar Shin dikutip The Thao 247.

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap memberikan semangat atas kemenangan Vietnam dilaga perdana. “Tak banyak yang bisa saya katakan setelah kekalahan 0-3. Selamat untuk Vietnam atas kemenangannya,” imbuh Shin.

Hasil ini membuat Indonesia berada di urutan empat klasemen Grup A dengan nol poin, hanya unggul selisih gol dari Timor Leste sang juru kunci yang beberapa jam sebelumnya dihajar Filipina 0-4.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada Selasa (10/5) pukul 19.00 WIB. Kemenangan wajib diraih demi menjaga kans lolos ke semifinal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Timnas Indonesia Shin Tae yong sea games 2022

Berita Lainnya