Petrokimia Gresik Cetak SDM Unggul dengan Sistem Digitalisasi | Surabaya TIMES

Petrokimia Gresik Cetak SDM Unggul dengan Sistem Digitalisasi

Oct 13, 2021 19:13
Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo mengalungkan ID kepada salah satu peserta magang, Rabu (13/10/2021). (Foto : Syaifuddin Anam/GresikTimes)
Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Budi Wahju Soesilo mengalungkan ID kepada salah satu peserta magang, Rabu (13/10/2021). (Foto : Syaifuddin Anam/GresikTimes)

JATIMTIMES - Petrokimia Gresik kembali membuka program magang 2021. Magang kali ini diikuti 188 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Pembukaan dilaksanakan secara virtual.

"Tujuannya mengembangkan talenta. Karena pembangunan SDM menjadi prioritas utama dalam strategi pembangunan Indonesia," kata Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik Budi Wahju Soesilo, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga : Pejabat Dinas Pekerjaan Umum Bantah Terima Uang Sewa dari Pemilik Warung di Kawasan Kali Molek

Soesilo menjelaskan, program magang untuk siswa, guru, mahasiswa dan penelitian bersama, Petrokimia sinergi dengan Kementerian dan instansi pendidikan. "Sejalan dengan amanah Presiden, Petrokimia harus bersinergi dengan stakeholder untuk mengembangkan talenta," imbuhnya.

Dalam magang kali ini ada tiga program. Pertama, Magang Vokasi Industri Setara Diploma 1 kerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama dengan Politeknik Akademi Teknologi (ATI) Makassar, Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta.

Program ini menyasar jurusan Teknik Perawatan Mesin Industri serta Program Pemasaran dan Logistik. Diikuti 40 siswa SMK di wilayah Jawa Timur yang menjadi binaan Petrokimia Gresik, dengan periode magang Agustus 2021 hingga Juli 2022.

Kedua, Program Magang Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). MBKM merupakan program baru Petrokimia Gresik yang dimulai 23 Agustus 2021 hingga 23 Januari 2022 dan diikuti oleh 98 mahasiswa dari 40 perguruan tinggi di Indonesia.

Terakhir, Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) bekerjasama dengan Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI). PMMB telah berjalan sejak 2019, dan tahun ini diikuti oleh 50 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi di Indonesia. PMMB 2021 dimulai sejak 23 Agustus hingga 23 Februari 2022.

Baca Juga : Sosialisasi Perizinan, Dinkop UMKM Kabupaten Tulungagung: Tingkatkan SDM dan Kompetensi

Soesilo mengungkapkan, program magang di Petrokimia Gresik sudah semakin optimal dengan hadirnya fasilitas Digital Learning Center (DLC). "Kami berharap, program dengan konsep digital ini dapat meningkatkan pemahaman dan mempercepat penguasaan kompetensi bagi seluruh peserta. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat menjadi modal untuk terjun di dunia kerja," harapnya.

Salah satu peserta PMMB, Fatikhatur Rahma mengatakan, program PMMB sangat membantu dalam mengembangkan potensi maupun skill. Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim ini mengaku mendapat banyak pengetahuan baru.

"Ini menjadi tempat awal bagi saya untuk bisa tumbuh dan berkembang," ungkapnya.

Topik
PT Petrokimia Gresik program magang 2021 program magang petrokimia

Berita Lainnya