Kakek Tua yang Dimarahi Baim Wong Ternyata Penjual Buku Juz Amma | Surabaya TIMES

Kakek Tua yang Dimarahi Baim Wong Ternyata Penjual Buku Juz Amma

Oct 12, 2021 10:36
Kakek yang Dimarahi Baim Wong (Foto: Capture Channel YouTube Baim Paula)
Kakek yang Dimarahi Baim Wong (Foto: Capture Channel YouTube Baim Paula)

JATIMTIMES - Artis dan YouTuber terkenal Baim Wong belakangan ini kembali menjadi sorotan publik. Pasalnya, video Baim Wong yang memarahi seorang kakek-kakek dinilai tak sopan.

Kejadian itu berawal saat Baim mengantar anak pertamanya, Kiano Tiger Wong, ke kediaman orang tuanya. Saat itu, Baim baru saja mengantar Paula Verhoeven ke rumah sakit.

Baca Juga : Dilaporkan ke APH, Kades Batangsaren Beserta 12 Terlapor Lainnya Akan Laporkan Balik

Baim yang mengendarai motor besar, ternyata sudah diikuti oleh seorang kakek-kakek itu. Kakek itu mengikuti Baim dengan sepeda motor bebek berwarna hijau.

Identitas sang kakek pun terungkap melalui video yang diunggah di akun TikTok @hana14sakam. Di video itu, ada seseorang yang melakukan video call dengan sang kakek. 

Pria bernama Yogi tersebut lantas bertanya tentang keseharian kakek itu. 

"Saya dagang buku, senin sampai hari jumat, jumat ke masjid-masjid," ujar kakek tersebut. 

Ia juga mengatakan niatnya mengikuti Baim hanya untuk menawari dagangannya itu. 

Yogi pun meminta izin kepada sang kakek jika ada pihak yayasan yang berniat untuk membantunya.

"Maksudnya bapak mau nolong saya gitu," tanya sang kakek. 

Yogi pun mengutarakan niatnya untuk membantu sang kakek. 

Mendengar itu, sang kakek sangat bersyukur ada pihak yang ingin membantunya. 

"Ya gak papa pak, makasih pak, Alhamdulillah kalau bapak Yogi mau nolong saya Alhamdulillah," ucap sang kakek. 

Diketahui, kakek berusia 70 tahun itu harus berjuang mencari nafkah dengan menjual buku-buku salah satunya Juz Amma. Terkadang sang kakek juga bekerja sebagai ojek pangkalan. 

Saat ini kakek mendapatkan bantuan dari sebuah yayasan Teamgerakmenebar untuk membantu kebutuhannya. Sang kakek ternyata juga sangat membutuhkan biaya untuk pengobatan. 

Hal itu diungkapkan oleh akun Instagram milik Tubagus Zainal Arifin yang dikenal dengan Uncle Teebob.

"Alhamdulillah Allah memberikan kemudahan untuk kita yang mau membantu. Ternyata bapak meminta bantuan untuk pengobatan kakinya yang sakit, jadi bukan semata mengemis," tulisnya. 

Setelah mengetahui kondisi sang kakek, Uncle Teebob langsung menggalang dana untuk membantunya.

"Sahabat sejatiku yang mau menitipkan bantuan buat bapak silahkan melalui rek yang ada di bio dan konfirmasikan lewat DM or WA ya. Bahagiakan orangtua jika ingin hidupmu bahagia. Jangan saling menyalahkan, tapi saling membantu," tutupnya.

"Dan sampai saat ini Kita tidak Terima lagi titipan karena belum tau jelas kebutuhan untuk pengobatan kakinya tapi untuk saat ini dengan 7 Juta rupiah dirasakan sdah sangat cukup," kata Uncle Teebob dalam keterangannya.

Awalnya, momen Baim yang memarahi kakek itu itu terekam dalam channel YouTube Baim Paula. Baim yang sadar diikuti akhirnya turun dan menegur kakek tersebut.

Baca Juga : Selama Pandemi, Disnaker Kota Malang Terima Pengajuan Izin Resepsi Pernikahan 1.487 Berkas

Kakek itu ternyata berniat menawarkan dagangannya kepada Baim. Akan tetapi, Baim justru menegurnya dengan suara yang tegas dan lugas.

"Apa hubungannya ngejar-ngejar saya minta uang?" tanya Baim.

Pria itu kembali menjelaskan dirinya ingin minta bantuan Baim membantunya membeli barang dagangannya tersebut.

"Minta dana saja buat bantu dagangan saya. Saya jualan ini," jelas kakek itu.

"Ngikut-ngikutin saya sampai berapa kilo tadi, ngapain? Jangan! Nggak ada ngemis-ngemis gitu," ucap Baim lagi.

Ekspresi kakek itu hanya bisa terdiam. Baim justru membandingkan sikap kakek itu dengan driver ojek online yang sedang berhenti tak jauh dari tempatnya berdiri.

"Tuh kayak dia tuh, kerja. Pak sini Pak. Nih gini kerja bukan ngemis. Tuh kasih uang karena kerja, kerja nih, kerja nih, kasih uang. Kasih duit, kerja kasih duit. Jangan ngemis," ucap Baim. 

Baim lantas tampak membagikan uang kepada beberapa driver ojek online yang juga melintas. Ia menegaskan dirinya tak suka dengan sikap yang mengemis.

"Masa ngemis, ngikutin, malu-maluin aja ngejar-ngejar minta duit. Jangan gitu, nggak bagus. Jangan malu-maluin," tukas Baim Wong.

Klarifikasi Baim Wong

Terkait viralnya video tersebut, Baim lantas memberikan klarifikasi. Baim menjelaskan soal alasan dirinya menegur kakek tersebut. Dalam kondisi motor tengah berjalan pria itu berteriak memanggil nama Baim yang sedang mengajak Kiano.

'Baim minta uang dong, minta uang.' Dan dia lakuin itu di atas motor yang lagi berjalan, bukan berhenti," ungkap Baim. 

Hal itu dinilai Baim adalah cara yang tidak sopan. Tentu cara seperti itu juga bisa membahayakan keselamatan. 

Baim juga mewajari penilaian orang terhadap dirinya karena tidak semua kejadian direkam dan diperlihatkan.

"Terlihat sangat-sangat tidak sopan cara mintanya. Itu saja sebenarnya saya sudah mau marah karena dia minta uang di tengah jalanan di saat motor lagi jalan dan saya lagi sama Kiano. Kalau terjadi apa-apa, siapa yang mau disalahkan?" tegas Baim.

"Kita sebagai manusia normal, pasti ada kejengkelan, dan kekesalan. Kadang malah suka kebablasan untuk marah. Tapi pembelajaran saya kepada mereka yang tidak sopan, saya lakuin dengan cara yang berbeda-beda. Salah satunya seperti yang kalian lihat di video," beber Baim. 

Topik
Baim Wong kakek penjual buku baim marahi kakek baim tegur kakek uncle teebob

Berita Lainnya