Habis Sahur Langsung Tidur? Awas Ini 4 Bahaya Bagi Kesehatan | Surabaya TIMES

Habis Sahur Langsung Tidur? Awas Ini 4 Bahaya Bagi Kesehatan

Apr 15, 2021 07:57
Ilustrasi (Foto: Runtastic)
Ilustrasi (Foto: Runtastic)

INDONESIATIMES- Sebelum menjalankan ibadah puasa, kita diwajibkan untuk makan sahur. Dengan itu sebagian orang mengalami siklus tidur yang terganggu.

Pasalnya, kita harus bangun lebih awal untuk sahur. Terkadang akibat rasa kantuk yang luar biasa membuat sebagian orang ingin segera melanjutkan tidur setelah selesai sahur.

Baca Juga : Munim Hadirkan "Anthem" untuk Temani Pendengar di Gelapnya Pandemi Covid-19

 

Namun, tahukah kalian jika kebiasaan ini justru bisa berdampak pada kesehatan loh. Merangkum melalui berbagai sumber, berikut sejumlah bahaya langsung tidur setelah sahur:

1. GERD

Salah satu risiko langsung tidur setelah sahur yakni terkena Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). GERD merupakan penyakit pencernaan yang disebabkan oleh asam lambung naik ke kerongkongan.

Saat kamu tidur, asam lambung akan mudah naik ke kerongkongan. hal itu disebabkan posisi tidur bisa membuat katup lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya.

2. Sakit tenggorokan

Setelah GERD, efek yang bisa dirasakan akibat langsung tidur setelah sahur yakni sakit tenggorokan. Rasa sakit di tenggorokan muncul karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Apabila kondisi ini terus dibiarkan akan menimbulkan peradangan.

3. Sembelit

Baca Juga : Marak Masyarakat Jadi Pengawal Ambulans, Ternyata Melanggar Aturan!

 

Idealnya butuh waktu sekitar 2-3 jam untuk tubuh dapat mencerna makanan di dalam perut. Namun, kebiasaan langsung tidur setelah makan bisa menghambat proses pencernaan di dalam perut.

Apabila terus dibiarkan, kebiasaan ini dapat memicu sembelit atau kesulitan buang air besar. Di sisi lain, penting bagi kalian untuk memilih makanan yang tepat saat sahur. Hindari makanan yang terlalu berlemak, mengandung gula, dan kafein karena sejumlah makanan tersebut bisa meningkatkan risiko sembelit karena susah dicerna.

4. Berat badan naik

Hal ini bisa terjadi karena kalori yang masuk ke dalam tubuh justru lebih banyak, dibandingkan dengan yang dibakar. Kurangnya aktivitas fisik saat berpuasa dan langsung tidur setelah makan atau sahur membuat tubuh menimbun lemak, sehingga kalori di dalam tubuh tidak terbakar dengan baik dan berat badan bisa menjadi naik.

Topik
info kesehatan Tips makan sahur Tips Sahur Sehat

Berita Lainnya