Bukan Hanya Sinetron, Kisah Jin dan Jun Ternyata Nyata dan Dialami Ahli Ibadah ini | Surabaya TIMES

Bukan Hanya Sinetron, Kisah Jin dan Jun Ternyata Nyata dan Dialami Ahli Ibadah ini

Feb 02, 2021 09:42
Ilustrasi seorang muslim yang beribadah dengan jin muslim (Ist)
Ilustrasi seorang muslim yang beribadah dengan jin muslim (Ist)

MALANGTIMES - Rasullullah SAW, tak hanya berdakwah dengan kaum manusia saja, namun beliau juga berdakwah kepada kaum jin. Oleh karena itu, juga terdapat jin yang merupakan muslim. 

Lalu bagaimana jika manusia beriman bertemu dengan jin beriman?, apakah yang akan mereka lakukan?, dan siapa manusia beriman yang bertemu dengan jin beriman itu?. Jika beribadah bersama, apakah jin juga akan masuk surga bersama manusia?.

Baca Juga : Menjamurnya Perdagangan Online Jadi Tanda-Tanda Kiamat? Begini Riwayat Rasulullah SAW

Penasaran dengan kisah ini?, makanya, simak terus kisah yang telah dirangkum dari berbagai sumber ini hingga selesai agar tak salah tafsir dan sesat.

Dalam kitab Hilyat Al Auliya wa Thabaqath Al Ashfiya karya Abu Nuaim Al Asfahani, terdapat kisah pertemuan antara seorang muslim dan jin muslim. Saat itu, Abu Imran at-Tammar pergi ke masjid al-Hifari. Ternyata, setelah sampai di Masjid pintunya masih terkunci. Sementara di dalam sudah ada Hasan al-Hafari duduk sambil berdoa.

Dan disaat itu, Abu Imran dikagetkan suara gemuruh dalam masjid mengaminkan doa Hasan al-Hifari. Karena pintu tertutup, ia kemudian menunggu di depan pintu dan menunggu doa Hasan al-Hifari selesai. Setelah selesai, Hasan al-Hafari mengundangkan adzan dan pintu masjid pun terbuka.

Setelah itu Abu Imran masuk ke dalam masjid. Namun disitu ia begitu terheran, ketika melihat di dalam masjid hanya terdapat Hasan al-Hifari. Ia merasa terheran dan bertanya dalam hati dari mana asal suara-suara tadi jika dalam masjid hanya ada Hasan al-Hafari.

Dan setelah selesai melaksanakan shalat, Abu Imran kemudian menanyakan hal tersebut kepada Hasan al-Hifari. “Wahai Abu Sa’id, Demi Allah aku melihat hal yang menakjubkan!" Hasan al-Hifari lalu bertanya, “Apa yang engkau lihat?”.

Abu Imran kemudian menjelaskan apa yang dia lihat, dan yang dia dengar. Setelah mendengarkan apa yang telah dia lihat dan didengar oleh Abu Imran. Hasan al-Hifari pun mengatakan kepada Abu Imran jika "Mereka adalah para jin, mereka hadir bersamaku untuk khatam Al-Qur'an disetiap malam Jumat. Dan setelah itu mereka pergi".

Lalu siapakah sebetulnya Hasan al-Hifari itu ?. Ya, Hasan al-Hifari merupakan seseorang yang ahli ibadah dan ahli qira'ah. Ia merupakan orang yang tekun dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Ia pun mempunyai keistimewaan bergaul dengan jin mukmin yang ahli ibadah, bahkan khatam Al-Qur’an setiap malam Jumat

Baca Juga : Segera Tayang! Serial Baru Sex and the City Bakal Singgung Pandemi Covid-19

Hal ini pun memang sesuai dengan Al-Qur'an jika manusia dan jin diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT. "Dan aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku" (QS Adz-Dzariyat : 56).

Namun bukan hanya manusia dan jin saja, semua makhluk yang diciptakan diciptakan Allah SWT memiliki tujuan dan semua yang dilakukan akan terdapat pertanggungjawaban. Dan hal ini juga sudah disampaikan jelas dalam Al-Qur'an. "Apakah ia mengira, manusia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban) ?" (QS Al-Qiyamah :36).

Ibadah yang dilakukan sendiri bukan semata-mata karena ketundukan, namun disana juga terdapat dimensi lain didalamnya. Dalam Majmu'ah Al-Fatawa, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata,

"Dalam ibadah itu terkandung mengenal, mencintai dan tunduk kepada Allah SWT. Bahkan dalam ibadah terkandung segala yang Allah cintai dan ridhoi. Titik sentral dan yang paling urgent dalam segala hal yang ada adalah dibagi yaitu berupa keimanan, mengenal dan mencintai Allah SWT, takut dan bertaubat pada-Nya, bertawakal pada-Nya, serta ridho terhadap hukum-Nya. Diantara bentuk ibadah adalah salat, zikir, doa dan membaca Al-Qur'an".

Nah sahabat MalangTIMES yang beriman, itulah tadi kisah seorang muslim yang kemudian beribadah bersama dengan jin muslim dan membaca Al-Qur'an hingga khatam. Dengan kisah tersebut, tentunya dapat diambil sebuah manfaat untuk lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Topik
persahabatan jin dan manusia jin muslim jin muslim dan manusia persahabatan jin muslim

Berita Lainnya