Gubernur Jatim Khofifah ketika memberikan bantuan.
Gubernur Jatim Khofifah ketika memberikan bantuan.

SURABAYATIMES - Demi bangkitnya ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Pemprov Jatim menggelontor bantuan ke masyarakat. Setidaknya ada 19 item jenis bantuan yang diberikan saat ini. 

Bantuan itu antara lain sertifikat program strategis nasional, bantuan langsung tunai DD, bantuan keuangan khusus BKK Jatim Puspa, bantuan keuangan khusus BKK bumdes Rp 50 juta, program bantuan dana bergulir simbolis, bantuan PEN, bantuan satu rekening satu pelajar, dana bergulir, dan bantuan Bank Jatim.

Kali ini bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di halaman kantor Bank Indonesia Kabupaten Jember. Di sana Khofifah menyerahkan bantuan secara simbolis dengan didampingi Kepala Bank BI Jatim Difi Ahmad Johansyah dan Plt Bupati Jember Abdul Muchid Arif.

Dalam acara tersebut Khofifah memberikan sambutan tidak panjang. Pemberian bantuan sekaligus dalam rangka silaturahmi dengan gowes bersepeda. "Kemarin saya di Banyuwangi," ujarnya Minggu (15/11).

Dengan adanya bantuan ini, Khofifah berharap bisa digunakan sebaik-baiknya. "Mudahan yang melakukan kegiatan usaha sukses, lancar dan barokah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah menyampaikan acara silaturahmi dalam rangka Khofifah sambang. "Acara yang sangat baik bagi kita. Agar acara ini jadi tradisi. Mudahan tak hanya dalam rangka covid-19," ujarnya.

Menurut dia, masih banyak daerah Jatim yang belum dikunjungi. "Saya sangat senang dalam acara ini. Pesan yang ingin kami sampaikan masyarakat sehat, ekonomi kuat," ungkapnya.

Dia menjelaskan sejak Maret, Indonesia dilanda pandemi. "Sekarang mulai percaya diri. Hotel dan restoran sudah ramai dan menerapkan protokol kesehatan," lanjutnya.

Difi percaya bahwa kondisi saat ini sudah on track menuju kebangkitan ekonomi. "Yang berat makanan minuman dan transportasi. Tapi bongkar muat di pelabuhan sudah meningkat, defisit sudah mulai berkurang. Triwulan keempat full recovery," imbuhnya.

Terpisah Plt Bupati Jember Abdul Muchid Arif menyampaikan sangat senang dengan adanya kunjungan dari gubernur. "Jember sangat butuh dukungan moral. Dan saya merasa sangat berbahagia," ujarnya.

Sejak ditunjuk sebagai plt bupati, Abdul Muchid mengaku langsung coba mencairkan komunikasi antara pemerintahan eksekutif dan legislatif yang beku selama ini. "Kemarin saya mengunjungi DPRD. Alhamdulillah dikunjungi balik dan bersinergi," kata dia.

Soal bantuan bagi masyarakat Jember, Abdul Muchid juga menyampaikan rasa terima kasihnya yang besar. "Penerima bantuan untuk stimulan perekonomian di Jember," imbuh dia.