Machfud Arifin beserta keluarga ketika melakukan ziarah ke Makam Sunan Ampel
Machfud Arifin beserta keluarga ketika melakukan ziarah ke Makam Sunan Ampel

Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin beserta dengan istrinya, Lita Arifin melakukan ziarah ke makam Sunan Ampel, Rabu (13/10/2020) sore. Pada saat ziarah tersebut MA sapaan akrabnya, didampingi langsung oleh Pembina Masjid Agung Sunan Ampel, Gus Ahmad Hud. Sehingga MA bisa langsung masuk ke area dalam makam dan bukan di luar area pagar.

Selesai ziarah, MA tak lantas pulang. Dia sempat berdiskusi dengan para pengurus Masjid Agung Sunan Ampel di kediaman sekitar satu jam lamanya.

Baca Juga : Cawalkot Eri Cahyadi Akan Hapus Foto, Manajemen: Jangan Bawa Nama dan Logo Persebaya

Gus Ahmad Hud ditemui usai menerima MA sebagai tamu menyatakan, jika Machfud Arifin bukanlah sosok yang asing. "Sosok yang sebelumnya kita kenal. Sosok yang bantu banyak, yang bantu-bantu dalam kemaslahatan Masjid Agung Sunan Ampel," ujarnya.

Namun, Hud berkata demikian bukan untuk tujuan politik. 

"Kita sebagaimana amanat Abah. Kita tak berafiliasi pada politik apapun, semuanya kita terima dengan lapang dada," tegasnya.

Karena menurut dia, masjid adalah amanat yang harus dijaga dari orang tuanya. "Kita tetap berpendirian pada khittah. Masjid adalah tempat ibadah," tuturnya.

Namun, sekali lagi Hud mengakui jika MA adalah salah satu orang yang paling berjasa di Masjid Agung Sunan Ampel. 

"Dan kita menghormati," lanjutnya.

Ditanya tentang apa yang dibicarakan saat pertemuan, Hud mengatakan, tentang bagaimana ke depannya pembangunan di Area Masjid Agung Sunan Ampel. "Jadi tempat seputar kemaslahatan masjid. Peribadatan saja," imbuhnya.

"Kita harap pak Machfud kalau maju sebagai wali kota bersedia selalu bisa mengingat dan ada kontribusi untuk masjid Ampel. Karena kita tahu Ampel adalah salah satu ikon Surabaya. Ujung tombak dari pembinaan, dan pemeliharaan syariat Islam terutama di Jawa," pungkasnya.

Baca Juga : Peneliti Sebut Trend Positif Pemimpin Perempuan di Jatim, Lathifah Shohib Siap Melanjutkan

Sementara itu Machfud Arifin menyatakan, kawasan Masjid Agung Sunan Ampel adalah tempat wisata religi yang bagus. Di mana pada hari tertentu seperti Kamis dan Jum'at akan ramai didatangi peziarah.

"Hanya aksesnya saja yang kurang. Banyak hal situasi dan kondisi di sini, butuh sentuhan juga. Ke depan wisata religi harus kita kembangkan. Jangan hanya bangun protokol-protokol di kota," imbuh mantan kepala Polda Jatim ini.